Dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG), khususnya Quality Education, pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran menjadi semakin krusial. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak SV UGM menganalisis 1.092 ulasan aplikasi pembelajaran mobile untuk anak-anak menggunakan analisis sentimen dan pemodelan topik.
Penelitian ini menemukan berbagai tantangan dalam pengalaman pengguna, seperti kurangnya responsivitas, keterbatasan variasi konten dan kustomisasi, gangguan dari musik latar, serta navigasi dan interaksi layar sentuh yang tidak ramah anak. Masalah lainnya meliputi dukungan multibahasa yang terbatas dan adaptasi yang kurang terhadap keterampilan motorik halus anak.
Temuan ini menyoroti pentingnya desain aplikasi yang berpusat pada pengguna, khususnya kebutuhan anak-anak. Dengan mengatasi tantangan tersebut, pengembang dapat menciptakan aplikasi pembelajaran yang lebih inklusif dan efektif, meningkatkan keterlibatan anak dalam belajar, serta mendukung pendidikan anak usia dini. Hal ini berkontribusi pada peningkatan kualitas dan aksesibilitas pendidikan digital sesuai target SDG.