• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • IT Center
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Webmail
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Dept. Teknik Elektro dan Informatika
Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Sejarah
    • Visi dan Misi
    • Pengelola
    • Prestasi
    • Tenaga Pendidik
    • Tenaga Kependidikan
  • Program Studi
    • D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak
    • D4 Teknologi Rekayasa Elektro
    • D4 Teknologi Rekayasa Internet
    • D4 Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol
  • Laboratorium
    • Laboratorium Instrumentasi dan Kendali
    • Laboratorium Teknik Tenaga Listrik
    • Laboratorium Elektronika
    • Laboratorium Teknologi Aplikasi dan Jaringan
    • Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak
  • Layanan
    • Kurikulum
    • Kalender Akademik
    • Akreditasi
    • Survei
    • Download Page
  • Alumni
    • Tracer Study
    • Keluarga Alumni
  • Beranda
  • Berita
  • Meningkatkan Kualitas Aplikasi Pembelajaran Mobile untuk Anak: Analisis Tantangan UX dan Kontribusinya terhadap Pencapaian SDG Quality Education

Meningkatkan Kualitas Aplikasi Pembelajaran Mobile untuk Anak: Analisis Tantangan UX dan Kontribusinya terhadap Pencapaian SDG Quality Education

  • Berita
  • 22 November 2024, 11.36
  • Oleh: alzaisar.trimulyo
  • 0

Dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG), khususnya Quality Education, pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran menjadi semakin krusial. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak SV UGM menganalisis 1.092 ulasan aplikasi pembelajaran mobile untuk anak-anak menggunakan analisis sentimen dan pemodelan topik.

Penelitian ini menemukan berbagai tantangan dalam pengalaman pengguna, seperti kurangnya responsivitas, keterbatasan variasi konten dan kustomisasi, gangguan dari musik latar, serta navigasi dan interaksi layar sentuh yang tidak ramah anak. Masalah lainnya meliputi dukungan multibahasa yang terbatas dan adaptasi yang kurang terhadap keterampilan motorik halus anak.

Temuan ini menyoroti pentingnya desain aplikasi yang berpusat pada pengguna, khususnya kebutuhan anak-anak. Dengan mengatasi tantangan tersebut, pengembang dapat menciptakan aplikasi pembelajaran yang lebih inklusif dan efektif, meningkatkan keterlibatan anak dalam belajar, serta mendukung pendidikan anak usia dini. Hal ini berkontribusi pada peningkatan kualitas dan aksesibilitas pendidikan digital sesuai target SDG.

Universitas Gadjah Mada

Departemen Teknik Elektro dan Informatika

Sekolah Vokasi
Universitas Gadjah Mada

Jl. Yacaranda, Sekip Unit III, Yogyakarta. 55281
tedi.sv@ugm.ac.id
(0274) 6491302, 561111 | (0274) 542908

 

Lokasi Gedung DTEDI SV UGM

Program Studi

  • D4 Teknologi Rekayasa Elektro (TRE)
  • D4 Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol (TRIK)
  • D4 Teknologi Rekayasa Internet (TRI)
  • D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (TRPL)

Laboratorium

  • Laboratorium Teknologi Aplikasi dan Jaringan
  • Laboratorium Elektronika
  • Laboratorium Instrumentasi dan Kendali
  • Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak
  • Laboratorium Teknik Tenaga Listrik

Tautan

  • Sekolah Vokasi UGM
  • Simaster UGM
  • eLOK UGM
  • Tracer Study
  • Career Center (VDC)
  • Ditmawa
  • Berita UGM
  • Youtube
  • Instagram

© DEPARTEMEN TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA SEKOLAH VOKASI UGM

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY